Jumat, 19 Maret 2010

2 Perusahaan bersinergi

PT Meier Indonesia
 sinergi dengan 
PT Kimia Farma Trading & Distribution


PT Meier Indonesia didirikan tahun 2004 oleh Martin Lim bekerjasama dengan Mr Helmut Meier dari Meier Laboratory, Germany. Pada awalnya, perusahaan ini memfokuskan diri di bidang riset dan pengembangan produk, tanpa ada kegiatan produksi maupun penjualan. Kalaupun pada akhirnya mengeluarkan produk untuk wanita usia 15 – 35 tahun, seperti 
Meier Skin Lightening Transparent Soap (Sabun Transparan Pencerah Kulit)
Meier Anti Acne Transparent Soap (Sabun Transparan Anti Jerawat)
Meier Whitening Extra Mild Facial Wash (Pembersih Muka & Pemutih)
Meier Whitening Face Lotion (Lotion Pemutih & Pelembab Wajah)
Meier Whitening Hand & Body Lotion (Lotion Pemutih & Pelembab untuk Tangan dan Tubuh).

PT Meier Indonesia juga akan segera merilis produk khusus pria, yang diberi nama seperti Splash Cologne dan Deodorant Roll On dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu antara Rp 5.000 – Rp 20.000. 
Sesuai dengan namanya, PT Meier Indonesia merupakan entitas usaha yang berdiri sendiri di Indonesia untuk memasarkan produk perawatan kulit dengan merek “MEIER”. Merek Meier digunakan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan penuh yang diberikan salah satu pendiri kami. Sebagai sebuah perusahaan yang banyak melakukan riset untuk produk-produknya, Meier berusaha menghadirkan produk nasional dengan kualitas dunia. “Atau dengan World’s Quality, Local Products.” Sejauh ini bahan-bahan yang berbasis alam yang di impor dari luar negeri. Namun riset dan pengembangannya dilakukan di Indonesia.
PT Meier Indonesia, memfokuskan diri di bidang riset dan pengembangan produk, saat ini tengah menjajaki kerjasama bisnis dengan PT Kimia Farma Trading & Distribution (KFTD), anak perusahaan PT Kimia Farma Tbk, perusahaan farmasi pertama di Indonesia yang kini telah berkembang pesat. Kerjasama dilakukan agar masyarakat mengetahui bahwa Kimia Farma itu bukan cuma apotek, tempat menjual obat semata. Tetapi juga sebagai perusahaan pelayanan kesehatan terintegrasi yang meliputi :
# Industri
# Pemasaran
# Distribusi
# Ritel
# Laboratorium
# Klinik kesehatan
# Industri Farmasi

Beberapa hal yang disepakati bersama yaitu bentuk kerjasama tunggal dan eksklusif, di mana KFTD, terikat kontrak yang didasari atas dasar kesepahaman bersama. “KFTD, tidak diperkenankan memasarkan produk-produk sejenis mulai cabang di daerah-daerah sampai ke outlet-otutletnya. Sedangkan aktivitas marketing tetap dilakukan oleh PT Meier. Dan tentu saja harus dengan harga jual yang terjangkau. 

Alasan Sinergi yaitu:
  PT Kimia Farma Trading & Distribution melihat PT. Meier Indonesia ini merupakan satu perusahaan yang berkembang, peduli dengan kesehatan, sehingga terjadinya kerjasama untuk melakukan bagaimana produk Meier bisa sampai ke pasar.
 Inilah sinergi yang diciptakan dalam rangka mengembangkan demand pasar. kini Kimia Farma sudah memiliki 41 cabang dengan jumlah outlet di seluruh Indonesia sekitar 24 ribu dengan konsentrasi terbesar di pulau Jawa. mengenai produk-produk perawatan kulit milik Meier bahwa produk-produk Meier itu tidak mengandung mercury, hidroquinone dan alcohol. Dan juga sebagai apoteker, produk Meier memang tidak ada masalah. Tidak mengandung mercury & hidroquinone. Produk ini sudah memiliki rilis resmi dari Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM RI).

Jalur usaha KFTD yaitu di bidang Jasa pelayanan distribusi produk Prinsipal KF dan Principal Non KF, yang terdiri dari :
a) Consumer Health Product :
  *OTC Herbal
  * Body care
  * Food Supplement
  * Ethical
  * Generik
  * Lisensi
  * Narkotika
  * Kontrasepsi
  * Bahan baku
  * Alat kesehatan
  * Consumer Goods
b) Jasa Perdagangan atau Trading
Pangsa pasar produk perawatan kulit memang khusus. “Contoh spesifiknya adalah apotik, medical outlet, klinik, toko-toko kosmetik, dan lain-lain. pangsa pasar ini lebih khusus untuk pasar menengah atas. Dan untuk produk-produk yang awal, yang sudah dipasarkan adalah produk Meier untuk wanita Meier juga akan meluncurkan produk khusus untuk laki-laki. KFTD dan Meier Indonesia, sama-sama sudah memikirkan strategi pemasarannya. Bisa melalui below the line, above the line, flyer, beriklan di majalah, koran, tabloid, baik yang nasional maupun loikal. Rencananya, untuk di daerah, juga akan ada program roadshow dan kegiatan gathering,” Saat ini, produk-produk perawatan kulit Meier sudah dapat ditemukan di seluruh Nusantara. Ini berkat dukungan penuh dari PT Kimia Farma Trading & Distribution. Di mana dukungan ini dituang dalam perjanjian kerjasama “Distribusi Tunggal dan Saling Eksklusif”. Artinya, dalam menjual dan mendistribusikan produknya, PT Meier Indonesia tidak dapat menunjuk distributor selain ataupun tanpa melalui PT Kimia Farma Trading & Distribution. Sebaliknya, PT Kimia Farma Trading & Distribution, tidak diperbolehkan ataupun mendistribusikan produk perawatan tubuh selain produk dari Kimia Farma sendiri dan PT Meier Indonesia. Pada intinya, ini dilakukan atas dasar win-win solution. Dan melalui kerjsama ini, masyarakat menjadi makin paham, kalau Kimia Farma itu memang bukan cuma apotek. Tapi juga ikut memperdagangkan dan mendistribusikan produk-produk Meier ke seluruh Indonesia Tidak hanya melalui apotik. tetapi juga melalui Supermarket, Farmasi, Toko Obat, dan Toko Kosmetik. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Menjadi diri sendiri....